RINGKASAN (SITI NURBAYA)


RINGKASAN (SITI NURBAYA) oleh: sukarto - Pengarang : Mh.Rusli



Syamsul Bahri dan Siti Nurbaya adalah kekasih yang akan menikah. Tetapi keduanya gagal menikah karena ulah Datuk Maringgi.Datuk Maringgih berhasil menikahi Siti Nurbaya karena untuk membayar hutang ayahnya.Siti Nurbaya ingin lari dari Datuk Maringgih, namun karena keliciukannya akhirnya siti Nurbaya di racun dan Meninggal dunia.Mendengar kekasihnya meninggal dunia meninggal,Syamsul Bahri ingin bunuh diri dengan cara menjadi tentara.Terjadi pertempuran antara Syamsul Bahri dan Datuk Maringgih dalam pertempuran tersebut keduanya terbunuh dan sama-sama meninggal dunia.

Syamsul Bahri anak pasangan dari Sutan Mahmud Syah dan ibunya bernama Siti Maryam.Dia hidup bertetangga dengan Siti Nurbaya putri saudagar kaya bernama Baginda Sulaiman.Karena seringnya bertemu, maka timbul rasa cinta bagi kedua remaja berlainan jenis tersebut.Namun sayang ditengah percintaan tersebut mereka harus berpisah untuk melanjutkan sekolahnya.Syamsul Bahri meninggalkan kota Padang untuk melanjutrkan sekolah kedokteran di Jakarta.

Sementara itu di kota Padang terdapat seorang kaya raya bernama Datuk Maringgih.Ia selalu bebuat kejahatan secara licik sehingga tidak diketahui oleh orang lain. Datuk Maringgih mempunyai banyak anak buah sebagai kaki tangan pembantunya.

Melihat kekayaan baginda Sulaiman ayah Siti Nurbaya,Datuk Maringgihj merasa tidak senang,maka satu persatu harta kekayaan Baginda Sulaiman dimusnahkan oleh Datuk Maringgih beserta anak buahnya.
Untuk memperbaiki kehidupannya ,maka Baginda sulaiman meminjam uang kepada Datuk Maringgih. Dengan kelicikannya, Datuk Maringgih beserta anak buahnya selalu menghancurkan usaha yang dilakukan oleh baginda Sulaiman.
Karena tidak dapat membeayar hutangnya , Datuk Maringgih berniat utnk menita seluruh harta yang dimiliki oleh baginda Sulaiman, kecuali apabila Siti Nurbaya diserahkan kepadanya sebagai istrinya.Dengan terpaksa maka Siti Nurbaya walaupun tidak mencintainya akhirnya menjadi istri Datuk Maringgih.Siti Nurbaya mengirim surat kepada Syamsul Bahri yang ada di Jakarta tentang peristiwa ini.
Mendengar berita tersebut,maka Syamsul Bahri pun pulang ke Padang, ketika itu juga Syamsul Bahri mendengar bahwa Baginda Sulaiman sakit, maka Dia pun mengunjungi Baginda Sulaiman. Ketika sampai dirumah Baginda Sulaiman Syamsul Bahri bertemu dengan Siti Nurbaya.Karena rindu sudah lama tidak bertemu, maka keduanya berpelukan dan berciuman.Melihat peristiwa tersebut maka marahlah Datuk Maringgih sehingga terjadi pertengkaran. Mendengar keramaian yang ada, baginda Sulaiman yang sedang sakit berusaha beranjak dari tempat tidurnya. Karena tidak kuat berjalan maka Baginda Sulaiman terjatuh dan akhirnya meninggal dunia.
Sejak kematian ayahnya, Siti Nurbaya berlaku kasar kepada Datuk Maringgih suaminya.Bahkan pada akhirnya dalam suatu pertengkaran dia mengusir Datuk Maringgih dari rumahnya..Setelah itu Siti Nurbaya berniat untuk pergi ke Jakarta menyusul Syamsul Bahri.
Tetapi malang niat pergi ke Jakarta Siti Nurbaya tersebut diketahui oleh anak buah Datuk Maringgih.Ketika berada dalam sebuah kapal Siti Nurbaya akan dibunuh oleh anak buah Datuk Maringgih, dengan cara membuangnya ke laut. Beruntung banyak orang mendengar teriakan Siti Nurbaya,sehingga dia pun selamat dari rencana jahat anak buah Datuk Maringgih.
Akhirnya kapal sampai juga di Jakarta.Syamsul Bahri menemui Siti Nurbaya yang masih dalam keadaan sakit di kapal..Tiba-tiba datanglah polisi mancari Siti Nurbaya dengan tuduhan melarikan diri dari suaminya serta membawa lari harta suaminya. Siti Nurbaya pun kembali ke Padang untuk menyelesaikan urusannya di pengadilan Padang.Dalam pemeriksaan ternyata dinyatakan bahwa Siti Nurbaya tidak bersalah, sehingga dia dibebaskan dari tuduhan suaminya.

Pada suatu hari tanpa sepengetahuan Alimah sahabtanya, Siti Nurbaya membeli kue, yang ternyata penjual kue tersebut adalah orang suruhan Datuk Maringgih yang sengaja diperuntukkan kepa Siti Nurbaya. Di dalam kue tersebut oleh orang kepercayaan Datuk Maringgih tersebut sudah di isi racun.Sudah barang pasti setelah makan kue tersebut meninggallah Siti Nurbaya.
Mendengar kematian Siti Nurbaya yang mendadak itu,terkejutlah ibu Syamsul Bahri yang memang sudah menderita sakit keras itu dan akhirnya meninggal dunia juga.

Kabar tentang kematian Siti Nurbaya dan Ibunya membuat Syamsul Bahri putus asa, dan berkeinginan untuk mengakhiri hidupnya..Pada suatu temapt dikegelapan malam menodongkan pistol kearah kepalanya.Untung usaha untuk bunuh diri tersebut diketahui oleh Zainal Abidin temannya, sehingga selamatlah Syamsul Bahri.Karena Syamsul Bahri menginginkan kematian maka ia pun mendaftarkan diri sebagai pasukan atau tentara,dengan berganti nama menjadi Letnan Mas.
Pada suatu hari ia pun mendapatkan tugas untuk menumpas pemberontak di Padang.Bertemulah Syamsul Bahri atau Letnan Mas tersebut dengan Datuk Maringgih salah satu pemimpin gerombolan tersebut.Dalam pertempuran tersebut Letnan Mas berhasil menembak Datuk Maringgih sehinggah menyebabkan Datuk Maringgih roboh. Tetapi sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Datuk Maringgih masih sempat mengayunkan pedangnya kea rah Letnan Mas. Seketika itu juga Letnan Mas jatuh terkapar dan pada akhirnya meninggal dunia juga.

Sumber: http://id.shvoong.com/books/novel-novella/2009029-siti-nurbaya/#ixzz2ONh0WDuG

5 Responses to "RINGKASAN (SITI NURBAYA) "

  1. Salam,
    Artikel yang mantep sekali. ^-^
    Blog nya keren juga sobat hihi jadi betah :D
    Jangan lupa ya sobat berkunjung juga ke Putra-Community | #14 . Terimakasih.. ^-^ Saya Tunggu ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam :)

      terimakasih sahabat :)

      oke :D

      Delete
  2. IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!








    IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!


    ReplyDelete

Pijakilah Setiap yang Kau Baca dengan Komentar Manismu.